Minggu, 22 Mei 2011

Mainstream pergerakan kemahasiswaaN

campuz_090909
 
gerakan kemahasiswaan merupakan segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan tujuan untuk menjadikan tatanan  hidup lebih baik dan idealnya senantiasa membawa suara rakyat. sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwaDari era perjuangan kemerdekaan hingga memasuki babak reformsi, kelompok mahasiswa tak pernah alpa menjadi aktor utama. hampir seluruh perubaha di negeri ini berawal dari gerakan mahasiswa. gerakan yang merupakan ruh suci yang lahir dari panggilan kemuliaan fitrah intelektualitas. Mengemban misi luhur sebagai social control, dengan jangkauan hingga jauh dari sentrumnya, baik secara vertikal maupun horizontal. Ciri khas kaum muda yang melekat pada mahasiswa seperti dinamis, wawasan luas, mobilitas tinggi, fisik kuat, keterbukaan pemikiran dan idealisme yang mengkristal menjadi daya dorong bagi kelompok kecil di dalam masyarakat ini untuk menjadi agen social change. Maka tak heran jika sejak awal republik ini digagas, kelompok menengah inilah yang menjadi motor sekaligus katalisator. sayangnya hal itu cuma bagaikan kisah fiktif belaka, saat ini gerakan kemahasiswaan  semakin tidak mendapatkan simpatik dari rakyat, malahan mendapatkan hujatan dari berbagai kalangan masyarakat kita.adalah sebuah hal yang sangat ironis tentunya, hal ini sangat jauh berbedah dengan keadaan gerakan mahasiswa pada era orde lama maupun baru.
 *****
jika dahulu kala kita sering mendengarkan dongeng tentang kepahlawanan mahasiswa dimata rakyat tentang bagaimana angkatan 66 berhasil menggulingkan orde lama kemudian dilanjutkan oleh angkatan 74 yang melawan kebijakan liberasi (utang) rezim tentunya hal ini Soeharto kepada pemerintah Jepang yang selanjutnya dianjutkan oleh angakatan 98 merupakan kesuksesan terbesar dari mahasiswa menggulingkan rezim soeharto. tentunya buah dari perjuangan ini telah berhasil menelurkan tokoh-tokoh yang tersimpan abadi oleh sejarah. Sederet nama telah mengisi etalase 'kepahlawanan' di negeri nusantara, mengukir sejarah dan menata wajah negara kesatuan republik indonesia (NKRI). Mereka berasal dari kelompok mahasiswa hingga namanya menelusup ke hati masyarakat Indonesia bahkan dikenal dunia. Sebut saja misalnya M. Yamin, Sutan Syahrir, Douwes Dekker, Sutomo, Soe Hok Gie, Hariman Siregar hingga Fahri Hamzah ataupun Anas Urbaningrum. Mereka menemukan momentum kepahlawanan diantara ruang artikulasi intelektualitas dan heroisme.
*****
Keberhasilan para pendahulu tentu tak lepas dari pemahaman serta   kecerdasan kawan-kawan dalam membaca realitas, berkontribusi sesuai dengan kebutuhan zaman. Di masa perjuangan kemerdekaan misalnya, gerakan menyatukan jong-jong atau kelompok pemuda yang masih chauvinistik (kedaerahan) menjadi tugas utama untuk menggalang persatuan.Jika membaca sejarah gerakan mahasiswa masa lalu, maka satu simpulan simplistik bahwa gerakan mereka adalah gerakan terencana dan menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. yang tapi saat ini malah menjadi musuh rakyat. menurutku hal ini disebabkan oleh karena   perjuangan kawan-kawan tidak memiliki maenstream yang sama lagi, malahan perjuangan kawan-kawan hari ini mirip dengan perjuangan rakyat pada masa sebelum era kemerekaan yang notabenya saat itu perjuangan masih bersifat sektoral, tentunya hal ini sangat bepengaruh terhadap bentuk dan maksud dari gerakan kemahasiswaan itu sendiri.
*****
terkait dengan realitas diatas tentunya kita mesti berbicara tentang  mainstream gerakan. secara sederhana mainstream gerakan kemahasiswaan merupakan keseragaman tujuan dari  suatu gerakan kemahasiswaan itu sendiri. kupikir hal ini merupakan hal yang sangat fundamental dan mesti didiskusikan oleh kita semua sebelum kita bergerak. berbicara tentang mainstream gerakan tentunya taka lepas  tentang identitas kemahasiswaan, dimana mahasiswa adalah predikat yang sangat istimewah. posisi istimewa yang kumaksud adalah klas mahasiswa yang berada diantara kaum borjuis dan proletar sehingga perubahan segalah bentuk tatanan hidup akan sangat jelas terlihat olehnya. tentunya karena keistimewaan itu pulalah makanya mahasiswa selain belajar juga memiliki fungsi-fungsi lain. beberapa fungsi dari mahasiswa adalah moral force, agent of change, social control, iron stock. secara gamblang  mahasiswa adalah orang yang terdaftar secara administratif pada suatu perguruan tinggi, diluar dari itu pengertian mahasiswa tergantung dari pemaknaan subyektif personal.
*****
simplenya mungkin gini, karena kita sudah tahu tentang identitas serta posisi kita sebagai seorang mahasiswa maka sudah sepatutnyalah kita harus mesti menjalankan peran dan fungsi kita sebagaimana mestinya. berangkat dari itu maka menurutku mainstream gerakan dari kawan-kawan harusnya adalah berjalan atas nama pengabdian, tidak lebih dan tidak kurang. perlu kita ingat bahwaDasar kebenaran mahasiswa adalah kebenaran yang bersumber pada hati nurani serta sikap moral yang luhur yang bersumber pada Ketuhanan dan kemanusiaan.   kupikir klo dibenak kita semua sudah spakat bahwa segala tindakan yang kita lakukan atas dasar tersebut  maka pastinya gerakan kita akan melahirkan bentuk aksi dan reaksi yang indah. bukan malah gerakan yang terkontaminasir oleh kepentingan-kepentingan politik penguasa yang membuat situasi negeri kita makin carut marut.



1 komentar:

  1. Numpang Promosi ya:)

    bosan yang receh
    mau usaha pasti nya harus ada modal donk..hehehe

    sudah terbukti sejak 1997 dan mulai launcing dari januari 2011
    terbukti membayar dan dapatkan bonus tes drive $10
    pelajari lengkapnya dsni
    http://tinyurl.com/9znk7o4

    BalasHapus